0

Cara Membuat Artikel SEO Friendly Khusus Pemula

Para pemilik website, konten writer harus memahami dengan baik apa itu artikel SEO. Karena, dengan menggunakan SEO pada artikel dengan baik, maka artikel pada sebuah website akan menjadi lebih mudah terindeks oleh search engine khususnya Google sehingga mudah masuk dalam halaman utama Google.

Mengapa Google? Karena lebih dari 50% pengguna internet di dunia menggunakan Google sebagai search engine utamanya.

Oleh karena itu, praktik SEO biasanya menyesuaikan dengan perkiraan meta data milik Google.

Mengapa demikian? Karena tidak ada yang bisa menebak bagaimana perkembangan data dari Google itu sendiri.

Selain itu praktik SEO selalu mengalami perkembangan sesuai dengan algoritma Google.

Saat ini jika artikelnya tidak berkualitas dan tidak sesuai dengan search itens tidak akan masuk halaman 1 Google.

Cara Mudah Membuat Artikel SEO Friendly Bagi Pemula

Setelah memahami hal di atas, maka para content writer harus mempelajari beberapa hal tentang SEO tersebut. Cara membuat artikel yang SEO friendly sangatlah mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Namun, untuk memudahkan proses tersebut biasanya pemilik website akan memakai plugin SEO seperti YoastSEO, rankmath dan lainnya. Karena plug-in akan menuntun Anda membuat artikel yang baik. Namun, para pemula dapat membuat artikel tersebut dengan memahami beberapa hal di bawah ini, yaitu:

Mencari Keyword

Hal pertama yang harus diketahui sebelum menulis artikel adalah mencari keyword. Kata kunci ini bisa Anda cari dengan mudah baik itu dari Google, Ahrefz, neilpatel dan lainnya.

Keyword merupakan senjata utama agar bisa bersaing dengan website lain sehingga dapat berada di halaman utama Google. Pastikan kata kunci yang diinginkan sesuai dengan niche website. Setelah itu carilah kata kunci dengan tingkat persaingan rendah. Tujuannya agar Anda bisa menguasai keyword tersebut dan mudah menyaingi situs lainnya.

Membuat Artikel Sesuai Search Itens

Artikel SEO tidak akan bekerja tanpa artikel itu sendiri. Oleh karena itu, Anda harus memahami bagaimana membuat artikel yang baik. Minimalnya dalam artikel memiliki pembuka, isi dan penutup.

Selain itu, pastikan EYD dan PUEBI-nya benar. Memang tidak semua website harus memakai kata baku yang sesuai dengan kaidah penulisan di atas. Namun, memahami hal ini sedari dini akan memudahkan Anda dalam membuat artikel tersebut.

Kemudian, buatlah artikel dengan topik yang menarik. Selain menarik pastikan di dalam artikel terdapat kesimpulan yang menjawab pertanyaan besar dari artikel tersebut. Contohnya saja jika Anda membuat artikel “cara membuat kue brownies”, maka pastikan isi artikelnya berupa resep dan langkah membuat brownies tersebut.

Jangan membuat isi yang berbeda dengan judul dan topik utama artikel tersebut. Karena akan membuat bingung pembaca dan pada akhirnya pengunjung akan cepat meninggalkan website tersebut.

Melakukan Optimasi Pada Badan Artikel

Dalam membuat artikel SEO terdapat banyak hal yang perlu dioptimasikan. Selain Anda membuat artikel dengan kata kunci yang tepat ternyata terdapat beberapa hal lain yang perlu diperhatikan, seperti:

  • Meta deskripsi
  • Tag
  • URL
  • Gambar
  • Alt text

Semua bagian tersebut dikenal dengan SEO on-page karena optimasi dapat dilakukan dari dalam website terutama saat membuat artikel tersebut.

Semua bagian yang ada harus memiliki kata kunci karena akan memudahkan mesin pencarian Google mengindeks artikel tersebut.

Cara membuat artikel SEO hanya panduan awal dan harus praktek secara langsung. 

Namun, dalam prosesnya Anda harus banyak membaca agar artikel SEO Anda menjadi lebih kaya dan menarik untuk dibaca.